Artikel Unggulan

Belajar SEO: Apa Blog kita sudah Diindeks Google?

Kali ini saya akan berbagi tips yang berkaitan dengan Belajar SEO. Kali ini akan dibahas bagaimana mencari tahu apakah blog, web, situs kita sudah diindeks atau dicatat oleh Google dalam pencariannya atau belum. Nah, caranya cukup mudah. Kita harus tahu alamat Blog kita. Misalnya: https://isa.web.id atau https://isa-mujahid-islam.blogspot.com Maka tahap pertama adalah, (1) Buka Google.co.id (2) Lalu masukkan kata pencariannya dengan menuliskan awalan site:  atau inurl:  ditambah dengan nama blog kita tau domain milik kita. Lalu tekan enter. Misalnya seperti gambar di bawah ini: site:isa.web.id atau site:isa-mujahid-islam.blogspot.com atau inurl:isa.web.id atau inurl:isa-mujahid-islam.blogspot.com (3) Maka akan muncul halaman-halaman blog kita yang sudah diindeks atau dicatat dalam database server Google sehingga akan tampil dalam daftar pencarian. Seperti ini: Selamat mencoba :)

Belajar SEO: Dasar-dasar Penelusuran Google

Belajar SEO Dasar-dasar Penelusuran Google

Jika kita ingin situs atau blog kita tampil di Penelusuran Google, Sebaiknya luangkan waktu untuk belajar SEO dan Search Console. Materi yang saya akan paparkan dan jelaskan bersumber langsung dari Google.

SEO kepanjangan dariSearch Engine Optimizer. Dalam bahasa Indonesia diartikan dengan Pengoptimalan Mesin Telusur. Jadi kita akan belajar bagaimana mengoptimalkan mesin telusur untuk lebih mudah dan senang membaca konten yang ada di Blog atau Situs kita.

Saat ini kita tidak perlu memahami HTML atau coding, walaupun kedepannya sedikit demi sedikit, mau-tidak-mau kita harus mulai belajar agar blog atau situs kita lebih teroptimalisasi dalam penelusuran.

Tetapi saat ini fokuskan untuk memahami:

  1. Bagaimana menulis dan menata situs atau blog kita.
  2. Bersedia untuk membuat beberapa perubahan pada situs kita. Ingat, perubahan sekecil apa pun dapat berdampak besar pada hasil penelusuran untuk situs atau blog kita.
Apa yang pertama harus saya lakukan?

(1) Daftar ke Search Console

Tenang, mendaftar ke Google Search Console itu gratis, tidak ada perintah untuk upgrade atau layanan berbayar. Justru dengan mendaftar di Google Console, kita akan mendapatkan pesan jika Google melihat ada aktivitas yang tidak biasa di situs kita, misalnya masalah crawling atau indikasi hacker yang meretas situs atau blog kita.

(2) Verifikasi bahwa Blog atau Situs itu adalah punya kita sendiri

Masukkan situs kita di Google Console dan verifikasi bahwa itu adalah milik kita. Ingat, Google Search Console hanya akan menampilkan informasi tentang situs kepada pemiliknya saja.

(3) Periksa Google Search Console Secara Berkala

Pengguna yang baru mendaftar biasanya cukup perlu memeriksa Google Search Console secara sekilas sebulan sekali, kecuali jika ada masalah dalam situs atau blog tersebut.

(4) Mengetahui Bagaimana Google Menelusuri Blog atau Situs Kita

Google mendapatkan bermacam-macam informasi dari berbagai sumber, termasuk:

  • Halaman web di Internet. Google fokus di bagian ini
  • Konten-konten dari para pengguna, seperti kiriman data melalui Google Bisnisku dan Google Maps,
  • Pemindaian buku-buku di internet,
  • Database yang terbuka di Internet,
  • dan banyak sumber-sumber lainnya.

Oleh karena itu fokuslah membuat artikel-artikel unik di situs atau blog kita. Selain itu pelajari juga istilah penerlusuran ini, yaitu Crawling dan Indexing dari Google.

Crawling

Crawling adalah mencari tahu dan mengunjungi apa yang sudah ada di web. Ingat, Google tidak menyimpan semua halaman web dari internet, sehingga Google harus terus-menerus menelusuri halaman baru dan menambahkannya ke database Google.

Beberapa halaman web sudah dikenal karena pernah dikunjungi Google sebelumnya. Halaman lain akan ditemukan saat Google mengikuti link dari halaman web yang dikenal ke halaman web tersebut. Selain itu, halaman lain akan ditemukan saat pemilik situs mengirim daftar halaman peta situs untuk di-crawl oleh Google.

Jika kita menggunakan host web yang terkelola, seperti Blogger, Wordpress, Kompasiana dan lain-lain, maka host web tersebut mungkin akan memberi tahu Google untuk meng-crawl halaman yang diperbarui atau baru yang kita buat.

Setelah Google menemukan alamat URL halaman kita, Google akan mengunjungi atau meng-crawl halaman untuk mencari tahu apa yang ada di dalamnya. Google akan membaca dan menganalisa isi teks, yang-bukan-teks, serta tata letak tampilan secara keseluruhan untuk menentukan untuk ditampilkan dalam halaman Hasil penelusuran. Semakin baik Google memahami situs kita, semakin baik kami dapat mencocokkannya kepada orang yang mencari konten kita.

Indexing (Pengindeksan)

Setelah halaman web kita ditemukan, Google akan mencoba memahami apa yang ada di halaman kita tersebut. Proses ini disebut pengindeksan. Google akan menganalisa konten halaman, membuat katalog gambar dan file video yang disematkan pada halaman kita, dan mencoba memahami halaman tersebut. Informasi ini disimpan di indeks Google, sebuah database besar yang disimpan di komputer server yang sangat banyak.

(5) Mempelajari Tahapan-Tahapan Selanjutnya tentang SEO

Setelah kita melalui semua tahapan-tahapan di atas, baru kita akan mempelajari Dasar-dasar SEO.

 

Sumber Referensi

    Komentar

    1. Jazakumullahahsanaljaza pak 🙏

      BalasHapus
      Balasan
      1. Aamiin, yaa robbal 'aalamiin. Semoga memberi manfaat kepada kita semua.

        Hapus

    Posting Komentar

    Silakan dikomentari. Syaratnya, komentarnya nggak berbau SARA dan sopan :)

    Postingan populer dari blog ini

    Penjelasan Rasulullah saw tentang Aqiqah

    Cara Menulis Arab di Blog

    Ulama Pewaris Nabi dan Ulama Seburuk-buruk Makhluk