Artikel Unggulan

Belajar SEO: Apa Blog kita sudah Diindeks Google?

Kali ini saya akan berbagi tips yang berkaitan dengan Belajar SEO. Kali ini akan dibahas bagaimana mencari tahu apakah blog, web, situs kita sudah diindeks atau dicatat oleh Google dalam pencariannya atau belum. Nah, caranya cukup mudah. Kita harus tahu alamat Blog kita. Misalnya: https://isa.web.id atau https://isa-mujahid-islam.blogspot.com Maka tahap pertama adalah, (1) Buka Google.co.id (2) Lalu masukkan kata pencariannya dengan menuliskan awalan site:  atau inurl:  ditambah dengan nama blog kita tau domain milik kita. Lalu tekan enter. Misalnya seperti gambar di bawah ini: site:isa.web.id atau site:isa-mujahid-islam.blogspot.com atau inurl:isa.web.id atau inurl:isa-mujahid-islam.blogspot.com (3) Maka akan muncul halaman-halaman blog kita yang sudah diindeks atau dicatat dalam database server Google sehingga akan tampil dalam daftar pencarian. Seperti ini: Selamat mencoba :)

Belajar SEO: SEO untuk Apa dan untuk Siapa?

Belajar SEO Dasar-dasar Penelusuran Google

Sebelum mendalami dasar-dasar SEO, penjelasan atau tutorial ini tidak akan serta-merta menjadikan situs kita menduduki peringkat pertama di halaman Google. Namun, praktek yang terbaik yang akan diuraikan dapat memudahkan mesin pencari dalam meng-crawl, mengindeks, dan memahami konten kita. Tutorial kali ini saya ambil langsung dari situs resmi Google Developer.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari search engine optimization atau search engine optimizer yang berarti pengoptimalan mesin telusur. Beberapa cara untuk mengoptimalisasi situs/blog antara lain:

  • Mengubah dan mengembangkan konten atau struktur situs kita
  • Mengamati teknis pengembangan situs web: misalnya, hosting, pengalihan halaman, halaman error, dan JavaScript
  • Kampanye dari konten yang kita buat
  • Melakukan Riset kata kunci
  • Melakukan/mengikuti pelatihan-pelatihan SEO
  • Membidik pasar dan geografis tertentu atas konten/produk yang kita buat.

Pengoptimalan mesin telusur (SEO) sebenarnya caranya adalah membuat perubahan-perubahan kecil di beberapa bagian situs kita. Perubahan hendaknya dilakukan secara bertahap hingga dapat memberikan dampak yang baik bagi pengguna dan mesin telusur.

Kita harus membuat situs atau blog bermanfaat untuk bagi pengguna yang berkunjung. Tiap perubahan situs/blog harus diarahkan untuk membuat pengalaman pengguna lebih baik. Ingat, salah satu pengguna yang hadir adalah mesin telusur, termasuk Google. Jadi jadikan manusia dan mesin telusur nyaman dan mendapatkan "ilmu baru" ketika berada di situs/blog kita.

Untuk Apa SEO itu?

Bayangkan begini saja, jika mesin penelusur datang, membaca situs kita (crawling), menganalisa dan menyimpan situs/blog kita (mengindeks) situs/blog kita, maka mesin penelusur itu tentu saja akan menarik pengguna lain menemukan konten yang kita buat. Intinya, Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO) adalah bagaimana membantu mesin telusur bisa memahami dan menampilkan konten kita sehingga menyajikannya dalam hasil penelusuran sehingga pengguna lain mendapatkan manfaat juga.

Untuk Siapa Saja SEO itu?

SEO itu hanya akan terasa menarik hanya bagi orang-orang di bawah ini:

  • Orang yang memiliki atau mengelola atau mempromosikan konten online melalui Penelusuran Google
  • Para pemilik bisnis yang sedang berkembang,
  • Para pemilik situs,
  • Para pakar SEO
  • Orang yang tertarik dengan teknis atau mekanika Penelusuran Google
  • dan orang yang ingin belajar SEO secara otodidak
Kalau anda tidak tertarik, anda tidak perlu membaca artikel mengenai serial Belajar SEO lebih dalam.

Membayar Google

Beriklan di Google tidak akan memengaruhi kemunculan situs/blog kita dalam hasil penelusuran. Google tidak menerima bayaran untuk memberi peringkat situs dalam hasil penelusuran. Agar konten kita muncul dalam hasil penelusuran organik Google, tidak memerlukan biaya apapun.

Tenang saja, Google memberikan referensi-referensi Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO) dan  Pengoptimalisasian Penelusuran Organik situs kita secara gratis seperti:

Manfaatkan referensi-referensi di atas dengan sebaik-baiknya.

 

Catatan Kaki:

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Penjelasan Rasulullah saw tentang Aqiqah

    Cara Menulis Arab di Blog

    Ulama Pewaris Nabi dan Ulama Seburuk-buruk Makhluk